Tuesday, 11 June 2013

13 UNSUR HARA DALAM TANAH YANG DI SERAP PADA TANAMAN

13 UNSUR HARA DALAM TANAH YANG DI SERAP PADA TANAMAN

1. Boron (Br)
Boron diserap oleh tanaman dalam bentuk BO3.

2. Besi (Fe)
Unsur ini diserap oleh tanaman dalam bentuk kation Fe dan esensi dari unsur ini adalah Sebagai gugus prostetik enzim katalase dan peroksidase dan sebagai penyusunferedoxin yang terdapat dalam klorofil.

3. Mangan (Mn)
Unsur ini diserap dalam bentuk Mn++. Unsur ini dalam tubuh tanaman mempunyai dua fungsi esensi Mn mengaktifkan enzim IAA Oksidate yang berfungsi memecahkan IAA ( IndolAcetic Acid ) yang tidak lain adalah hormon auksin. 

4. Seng ( Zn )
Unsur ini diserap oleh tanaman dalam bentuk ion Zn ++. Esensialitas dari unsur ini ialah  Zn merupakan bagian dari enzim amilum sintetase ( pembentukan gula menjadiamilum) dan Zn sebagai penyusun enzim karbonic anhidrase yang berfungsi sebagai buffer terhadap perubahan pertumbuhan..

5. Cuprum (Cu) 
Unsur ini diserap dalam bentuk Cu ++. Esensi dari unsur ini adalah: Membentuk senyawa ( Cu (NH3)4)++ untuk mencegah terlalu banyaknya NH3 yang tertimbun di dalam tubuh tanaman karena NH3 yang berlebihan dalam tubuh tanaman akan bersifat racun.

6. Molibdenum (Mo) 
Unsur ini diserap dalam bentuk MoO4-. Esensi unsur ini: Sebagai aktivator dan penyusun enzim sitrat reduktase yaitu enzim yang bekerja membantu perubahan ion NO3- menjadi NH3 yang siap dipakai untuk pembentukan asam amino dan protein untuk pembelahan dan pembesaran sel.

7. Klor ( Cl )
Klor adalah suatu unsur esensial mikro yang mempunyai fungsi cukup penting bagi pertumbuhan dan perkembangan suatu tanaman unsur inimutlak diperlukan oleh tanaman karena  Fungsi dan peranan unsur ini tidak dapat digantikan dengan unsur lain. Fungsi dan peranan biokemisnya secara spesifik. Fungsi dan peranannya secara langsung dalam proses fisiologis tanaman

 8. Belerang/ Sulfur (S)
Unsur ini diserap oleh tanaman dalam bentuk ion HSO4 dan SO4 . Ion SO4 dalam jumlah banyak air akan berbalik meracuni tanaman

9. Kalsium (Ca) 
Elemen ini diserap dalam bentuk Ca. Sebagaian basar terdapat dalam daun dan batang dalam bentuk kalsium pektat yaitu dalam lamella pada dinding sel yangmenyebabkan tanaman menpunyai dinding sel yang lebih tebal sehingga tahan seranganhama dan penyakit. Fungsi fisiologis Kalium yang sangat penting dalam tubuh tanamanadalah dalam hubungan dengan sintesa protein yang dibutuhkan untuk pembelahan dan pembesaran sel-sel tanaman, disamping dapat menetralkan asam – asam organik yangdihasilkan pada proses metabolisme tanaman sehingga tanaman terhindardari keracunan,Selain berpengaruh pada pem-bentukan Net pada tanaman melon, elemen ini berperandalam menaikkan pH.

10. Magnesium (Mg)
Mg diserap dalam bentuk Mg. Esensi utama dari unsur ini adalah:1. Merupakan bagian dari kloropil ( inti klorofil ) sehingga berhubungan langsung dengan proses penting fotosintesis.2. Menjadi pengikat antara insin dan substrat sehingga kerja enzim bisa berjalan normal.3. Menjadi bagian dari fitin yang terdapat dalam benih sehingga mempercepat proses perkecambahan benih.

11. Nitrogen (N)
Nitrogen diserap oleh tanaman sebagai NO3- dan NH4+kemudian dimasukkan ke dalam semua gas amino dan Protein.  Ada juga bentuk pokok nitrogen dalam tanah mineral, yaitu nitrogen organik, bergabung dengan humus tanah ; nitrogen amonium dapat diikat oleh mineral lempung tertentu, dan amonium anorganik dapat larut dan senyawa nitrat.

12. Phospor (P) 
Tanaman menyerap fosfor dalam bentuk ion ortofosfat (H2PO4-) dan ion ortofosfat sekunder (HPO4=). Selain itu, unsur P masih dapat diserap dalam bentuk lain, yaitu bentuk pirofosfat dan metafosfat, bahkan ada kemungkinan unsur P diserap dalam bentuk senyawa organik yang larut dalam air, misalnya asam nukleat dan phitin. Fosfor yang diserap tanaman dalam bentuk ion anorganik cepat berubah menjadi senyawa fosfor organik. Fosfor ini mobil atau mudah bergerak antar jaringan tanaman. Kadar optimal fosfor dalam tanaman pada saat pertumbuhan vegetatif adalah 0.3% - 0.5% dari berat kering tanaman.

13. Kalium (K)
Elemen ini diserap dalam bentuk hampir pada semua proses metabolismetanaman, mulai dari proses penyerapan air, transpirasi, fotosintesis, respirasi, sintesaenzim dan aktifitas enzim. Esensi unsure K adalah sebagai berikut:1. Kalium merupakan elemen yang higrokopis (mudah menyerap air) ini menyebabkanair banyak diserap didalam stomata, tekanan osmotik naik, stomata membuka sehinggagas CO2 dapat masuk untuk proses fotosintesis.2. Kalium berperan sebagai aktifitas untuk semua kerja enzim terutama pada sintesa proteine.